CARA MEMANDANG UANG AGAR MENJADI KAYA

CARA MEMANDANG UANG AGAR MENJADI KAYA

 

Uang merupakan suatu alat tukar, dimana dalam pandangan setiap orang,  uang dipersepsikan berbeda-beda, tergantung dari tingkat pendidikan, fisiologis dan usia.

 Pola pandang kita terhadap uang akan sangat menentukan cara memperoleh dan mengelola keuangan.

Seseorang yang bisa memandang uang dengan sudut pandang yang tepat dan menggunakan uang tersebut dengan tepat akan bisa menjadikan orang tersebut menjadi orang yang sukses dalam hal finansial.

Untuk bisa menjadikan kita sebagai pribadi yang sukses dalam sudut finansial perlu memiliki pola pandang yang tepat dalam memandang uang,

Berikut Pola pandang yang perlu kita pahami agar menjadi orang yang sukses dalam hal finansial.

  1. Uang adalah sebuah gagasan / persepsi.

Persepsi setiap orang tentang uang sangat berbeda. Itulah yang membedakan antara orang yang sukses dalam hal finansial dan orang yang gagal dalam hal finansial.

Untuk lebih membuat konkrit kita buat contoh pandangan orang tentang uang dengan membagi orang golongan atas dan menengah/bawah, bagaimana cara mereka memandang uang.

Orang Golongan menengah / bawah umumnya mengatakan sulit mencari uang, uang itu langka  dan mengatakan kepada anaknya, mungkin ini juga yang dikatakan orang tua kita dulu kepada kita.

“Belajarlah yang rajin, jadilah anak yang pandai, maka kamu akan mudah mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi.”

Karena pandangan ini bahwa uang adalah sulit diperoleh, uang tidak tumbuh dipohon dll, membuat kata-kata ini seperti doa.

Karena apa yang kita ucapkan adalah doa, dan apa yang ada dalam pikiran kita akan menjadi kenyataan. Maka uang memang sulit di cari.

Pada saat kita meminta sesuatu kepada orang tua kita, mereka berkata kita tidak mampu membelinya. Maka benar, selamanya mereka tidak akan mampu membeli yang mereka inginkan.

Beda hal nya dengan pandangan orang kelas atas / sukses, mereka tidak mengatakan bahwa kita tidak mampu membelinya, tapi akan berkata bagaimana agar kita mampu membelinya?

Disini perlu dipahami bahwa apa yang kita katakan dan pikirkan bahwa kita tidak mampu, maka akan menjadi kenyataan didunia ini bahwa kita tidak mampu.

Saya pernah mengatakan pada ayah saya, bahwa saya mau menjadi milyuner, jawab ayah saya kamu tidak akan bisa.

Beda dengan orang tua golongan atas, yang mengatakan, silahkan saja, dan pikirkan bagaimana caranya agar kamu bisa menjadi milyuner.

Ketika anda mengatakan bagaimana supaya bisa mencapainya atau bagaimana supaya saya bisa mampu memperoleh banyak uang, maka pikiran anda akan terbuka akan kemungkinan-kemungkinan untuk mencapainya, lalu pikiran anda harus bekerja.

Inilah kekuatan pikiran yang akan menggerakkan kekuatan otak anda. Lain hal nya bila anda mengatakan saya tidak mampu, maka pikiran akan menyimpannya disana dan mengirimkan ke otak anda, bahwa anda tidak mampu.

Sadari bahwa uang adalah kekuatan,  Uang memberi anda kekuatan, kekuatan untuk memberi, menambah harga diri dan anda bisa memiliki waktu yang banyak untuk keluarga, kerabat, orang tua dan sahabat.

Hargailah uang dan perlakukan dengan baik.

Pandangan anda tentang uang yang akan menuntun keputusan anda dalam memperoleh uang.

  1. Penggunaan Uang.

Bila anda menang lotre atau mendapatkan gusuran tanah dan mempunyai uang banyak bahwa anda sekarang kaya?

Belum tentu. Karena semua tergantung bagaimana anda menggunakan uang tersebut sekarang.

Uang adalah suatu alat yang mempunyai kekuatan. Jika anda menggunakan nya dengan baik, ia akan membuat anda semakin kaya. Jika anda salah menggunakannya akan membuat anda semakin miskin.

Kesalahan orang golongan menengah adalah menganggap bahwa apabila ia mendapatkan kenaikan gaji maka masalah keuangannya akan teratasi.

Masalahnya adalah semakin ia memperoleh gaji besar, maka masalah dia akan semakin besar. Karena keinginan dia untuk membelanjakan uangnya akan semakin besar juga.

Jadi semakin bertambah penghasilan akan semakin membuat dia miskin. Paham maksudnya ?

Bila belum paham juga, saran saya baca buku saya yang berjudul Rahasia Menciptakan Pohon Uang dalam 3 Bulan, di buku itu dibahas tuntas tentang bagaimana menggunakan uang sehingga bisa menjadikan kita bebas financial.

Lain halnya bila anda gunakan untuk membangun asset, asset yang menghasilkan cashflow income. Misalnya, anda membeli ayam petelur.

Anda pelihara ayamnya dan jual telurnya. Sehingga anda memperoleh income. Atau anda investasikan ke rumah yang anda buat sebagai home stay, kos-kosan yang anda sewakan. Sehingga anda memperoleh cashflow income.

  1. Masalah Dua Sisi Mata Uang

 

Ada dua sisi mata uang yaitu masalah kekurangan uang dan disisi lain kelebihan uang.

Keduanya merupakan masalah. Banyak orang berpikir bahwa hanya dia yang mempunyai masalah keuangan. Sesungguhnya tidak. Semua orang didunia ini mempunyai masalah keuangan. Pemerintah, perkumpulan sosial, perbankan dan semua mempunyai masalah keuangan.

Hanya yang membedakan adalah yang satu bermasalah dengan kekurangan uang dan yang satu bermasalah dengan kelebihan uang. Maka anda mau mempunyai masalah yang mana ? masalah kekurangan uang atau kelebihan uang ? ^_^

Yang membedakan kelak anda akan masuk kelas atas, atau kelas menengah dalam hal keuangan adalah bagaimana anda menangani masalah ini.

Masalahnya, karena kita berasal dari golongan orang yang kekurangan uang, maka pandangan kita terhadap uang adalah seperti dalam poin pertama tadi.

Bahwa uang sulit dicari, uang itu langka, mendapatkan uang harus bekerja pada orang lain dan kerja keras.

Bila anda menyadari akan arti uang yang sesungguhnya maka akan mendorong anda untuk pengambilan keputusan tentang bagaimana memperoleh uang dan menjadi kaya.

Sadari pula, bahwa mempunyai uang banyak bukanlah kejahatan, malah akan lebih membawa anda dalam kebaikan.

Gunakan uang yang mudah anda peroleh sekarang sebagai sarana menuju Sorga Allah, dengan banyak memberi, banyak sedekah dan menolong sesama.

Sekarang tentukan pilihan anda, anda mau menjadi golongan atas? Atau golongan menengah ke bawah? Semua adalah pilihan anda, dari bagaimana anda memandang arti uang menurut anda.

Semoga bermanfaat.

SALAM SUKSES DUNIA AKHIRAT,

HERMAWAN TANDI.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *