UTANG ITU LUNAS KALAU DI BAYAR

Lupakanlah utang Anda. Melupakan bukan berarti kita tidak membayarnya, namun fokus pikiran kita lebih diarahkan kepada usaha atau bisnis kita. Mengapa? Karena utang bisa lunas bila dibayar dengan uang, dan uang bisa kita peroleh melalui bisnis atau usaha kita.

Pemahaman ini yang pertama kali saya komitmenkan dalam hati dan pikiran saya setelah memperoleh pencerahan dan hidayah Allah serta membaca buku-buku, ikut seminar dan belajar pengetahuan tentang psikologis, untuk melunasi seluruh utang saya.

Bila usaha kita berkembang dan menghasilkan uang maka secara otomatis seluruh utang dapat kita lunasi bukan? Mulailah tingkatkan kualitas diri dengan banyak belajar tentang dunia usaha atau bisnis. Ini penting, kemudian perbanyak silaturahmi.

Perbanyak membaca buku-buku pengetahuan, bila perlu ikuti seminar-seminar yang memang diperlukan untuk pengembangan diri Anda, ini pun dulu saya lakukan.

Janganlah ragu untuk menginvestasikan uang Anda bagi penambah pengetahuan, atau istilah yang sering kita dengar adalah investasi leher keatas.

Ingatlah Allah juga mengajarkan kita untuk selalu menambah pengetahuan demi perubahan hidup yang lebih baik dan peningkat derajat hidup kita.

“Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS : Al-mujadalah : 11)

“Katakanlah, apakah sama antara orang yang mengetahui dengan orang yang tidak tahu.” (QS : Az-zumar : 9)

Pahamilah bahwa dalam kondisi kita seperti ini sebenarnya akibatnya kurangnya pengetahuan kita akan ilmu. Jangan sudah dalam kondisi terpuruk kita malas belajar dan berusaha, selama Anda malas maka selamanya Anda akan menjadi orang yang terpuruk.

Saya pun dulu mengawali dengan kembali membaca buku, mengikuti seminar dan mulai mempelajari akidah dan syariah bisnis yang sesuai Agama Islam.

Walaupun sebenarnya dulu sudah banyak ilmu bisnis dan keuangan yang saya pelajari, belum lagi pengalaman bisnis dari berbagai macam bidang bisnis hampir 29 tahun.

Namun saya seperti merasa kurang dan seperti perlu merefresh seluruh isi otak saya agar bisa kembali siap untuk memulai sesuatu yang baru. Memulai kebangkitan dari keterpurukan.

Sadarilah akan hal ini. Mulailah bangkit, mungkin saat ini kita masih bingung mau bisnis apa, maka mulailah belajar dan cari tahu.

Semoga Bermanfaat.

Salam Sukses Dunia Akhirat,

Hermawan Tandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *